Total Tayangan Halaman

Jumat, 28 Maret 2014

Sejarah Rasululloh SAW berdasar riwayat-riwayat yang sahih 13


Pernikahan Rasululloh – semoga Allah Yang Maha Luhur tetap melimpahkan salawat dan salam atas beliau dan keluarga beliau – Dengan Khodiijah – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoinya – [36] Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbaas – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoi keduanya – bahwasanya Rasululloh – semoga Allah Yang Maha Luhur tetap melimpahkan salawat dan salam atas beliau dan keluarga beliau – menyebut-nyebut tentang Khodiijah – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoinya – sedangkan ayah Khodiijah tidak senang untuk menikahkannya dengan beliau. Llau Khodiijah membuat minuman dan makanan, dan memanggil ayahnya dan beberapa orang dari Quraisy, maka merekapun makan dan minum (dan mereka juga meminum minuman keras) sehingga mereka mabuk (setengah sadar). Maka Khodiijah berkata kepada ayahnya: “Sesungguhnya Muhammad bin Abdulloh telah melamarku maka nikahkanlah aku dengannnya.” Maka ia pun menikahkahnya dengan beliau, lalu Khodiijah memberikan minyak wangi kepada ayahnya da memakaikannya baju yang bagus. Begitulah mereka memeprlakukan ayah mereka (setelah menikahkan). Ketika ayahnya sadar dari mebuknya, ia melihat dirinya tiba-tiba sudah dipakaikan minyak wangi dan di pakaikan pakaian bagus. Maka ia berkata: “Ada apa dengaku? Apa ini?” Khodiijah berkata: “Engkau telah menikahkanku dengan Muhammad bin Abdillah, ia berkata: “Aku menikahkan anak yatim Abu Thoolib (yakni Rasululloh), tidak (aku bersumpah) demi diriku. Maka Khodiijah berkata: “Tidakkah engkau malu? Apakah engkau ingin mempermalukan dirimu sendiri di mata orang-orang Quraisy, engkau kabarkan kepada orang bahwa tadi engkau mabuk?” lalu teruslah Khodiijah membujuk ayahnya itu sehingga ayahnya itu pun ridho (dengan pernikahan tersebut).” Diriwayatkan oleh Ahmad, Ath-Thobroniy, dan Al-Haytsamiy juga meriwayatkan dari keduanya dan ia berkata: “Perawi dari kedua orang tersebut (Ahmad dan Ath-Thobroniy) adalah sahih. Dan juga diriwayatkan dari Jaabir bin Samuroh seperti itu pula yang mana dalam kitab Majma’ disebutkan bahwa hadits tersebut diriwayatkan oleh Ath-Thobroniy dan Al-Bazzaar dengan sanad yang sahih.” Para ahli siroh berkata: “Adalah Khodiijah binti Khuwailid – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoinya – seorang wanita yang tegar lagi cerdas, yang paling bagus nasabnya di antara para wanita Quraisy, paling besar kemuliaannya, paling bagus rupanya, dan paling bagus badannya. Setiap dari kaumnya sangatlah ingin untuk menikah dengannya, ia seorang wanita yang kaya yang memiliki harta, dan seorang wanita pedagang yang mana ia memberikan barang dagangannya kepada orang-orang yang dipercaya dengan cara membagi keuntungannya. Lalu ketika sampai padanya berita tentang Rasululloh – semoga Allah Yang Maha Luhur tetap melimpahkan salawat dan salam atas beliau dan keluarga beliau – dan tentang sifat beliau seperti kejujuran beliau, keterpercayaan beliau serta kemuliaan akhlak beliau, maka ia mengutus seseorang kepada beliau untuk menawarkan agar beliau keluar berdagang dengan membawa barang dagangannya ke Syam dan ia memberikan kepada beliau barang yang lebih banyak dan lebih bagus dari yang biasa diberikannya kepada para pedagangnya bersama dengan seorang budak alki-lakinya yang bernama Maysaroh. Lalu Rasululloh – semoga Allah Yang Maha Luhur tetap melimpahkan salawat dan salam atas beliau dan keluarga beliau – menerima tawarannya itu lalu keluarlah ia bersama Maysaroh, budak laki-laki Khodiijah sehingga singgah di Syam, lalu beliau menjual barang dagangannya dan membeli apa yang ingin beliau beli dan beliau pulang dengan membawa untung yang besar. Maka ketika beliau datang di Makkah dan kembali kepada Khodiijah dan ia telah menyaksikan keuntungan yang dibawa oleh beliau dan Maysaroh menceritakan kepadanya tentang apa yang ia lihat daripada akhlak beliau yang mulia dan kejadian luar biasa yang ia lihat dalam perjalanannya dari diri beliau – semoga Allah Yang Maha Luhur tetap melimpahkan salawat dan salam atas beliau dan keluarga beliau – lalu Khodiijah mengutus utusan kepada beliau yang menyatakan bahwa ia senang untuk menikah dengan anda karena kekerabatn dengan anda, dan kemuliaan anda di antara kaum anda, serta amanah (keterpercayaan) anda, kebagusan akhlak anda, dan jujurnya pembicaraan anda. Lalu ketika ia mengatakan itu kepada beliau, beliau menyebutkannya kepada paman-paman beliau. Maka beliau keluar bersama paman beliau Chamzah, lalu ia meminang Khodiijah kepada ayahnya, maka Nabi – semoga salawat dan salam tetap terlimpah atas beliau – dan beliau memberi mas kawin (mahar) 20 (dua puluh) ekor unta yang masih muda, lalu hadir pula di situ Abu Thoolib dan para pemimpin kabilah Mudhor (kakek Quraisy) lalu Abu Thoolib berkhutbah, ia berkata: “Segala puji bagi Allah Yang telah menjadikan kita keturunan Ibroohiim dan keturunan Ismaa’il, dari asal Ma’add, dan unsur Mudhor, dan Dia telah menjadikan kita pemelihara ‘rumah’-Nya pengiring tanah haram-Nya…… dst hingga akhir khutbah. Khodiijah adalah isteri pertama yang beliau nikahi dan beliau tidak menikah dengan selainnya ketika Khodiijah masih hidup. Umur Khodiijah (ketika menikah dengan beliau) adalah 40 (empat puluh) tahun, sedangkan Umur beliau – semoga Allah Yang Maha Luhur tetap melimpahkan salawat dan salam atas beliau dan keluarga beliau – 25 (dua puluh lima tahun), dan ia selalu bersama beliau sehingga ia wafat pada usia 65 tahun sedangkan Nabi – semoga Allah Yang Maha Luhur tetap melimpahkan salawat dan salam atas beliau dan keluarga beliau – telah mencapai usia 50 tahun (ketika Khodiijah wafat) dan dalam hari-harinya dan kehidupannya yang penuh berkah bersama beliau itulah, Allah memuliakan beliau dengan wahyu dan risalah. Khodiijah melahirkan semua putera-puteri Nabi – semoga Allah Yang Maha Luhur tetap melimpahkan salawat dan salam atas beliau dan keluarga beliau – mereka itu ialah Al-Qoosim dan dengan nama putera pertama beliau inilah beliau diberi julukan (yakni beliau dipanggil Abul Qoosim artinya ayahnya si Qoosim) setelah beliau menjadi Nabi, lalu Ruqoyyah, lalu Ummu Kaltsuum, lalu Fatimah, lalu Abdulloh dan ia dijuluki dengan julukan Thoyyib (yang baik) dan Thoohir (yang suci). Adapun putera beliau Al-Qoosim meninggal setelah sampai usia menaiki hewan tunggangan, sedangkan Abdulloh meninggal ketika masih kecil. Adapun puteri-puteri beliau yang empat orang maka hidup hingga dewasa dan menikah, dan kesemuanya itu meninggal pada saat Nabi masih hidup – semoga Allah meridhoi mereka semua – kecuali Fathimah – semoga salam tetap atasnya – maka ia meninggal dunia enam bulan setelah wafatnya Rasululloh. Adapun putera beliau yang bernama Ibroohiim maka berasal dari Mariyyah Al-Qibthiyyah (seorang budak wanita hadiah untuk Nabi dari Muqowqis penguasa Mesir ketika Nabi berkirim surat kepadanya untuk menyeru dia kepada Islam namun ia tidak masuk Islam tetapi ia menyambut baik utusan dan surat Nabi dan memberikan beberapa hadiah kepada beliau, di antaranya adala Mariyyah) yang mana nanti akan datang penjelasannya dalam bab peperangan beliau. Adapun Khodiijah – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoinya – memiliki keutamaan yang banyak. Ia termasuk wanita yang sempurna yang mana Nabi – semoga Allah Yang Maha Luhur tetap melimpahkan salawat dan salam atas beliau dan keluarga beliau – berbicara tentang mereka. Allah memberinya kabar gembira dengan surga sebagaimana nanti akan datang dalam manaqibnya sebagaimana juga puteri-puterinya juga (akan datang keterangannya) dalam bab keutamaan dan manaqib. Perhatian: Sungguh telah terjadi perbedaan dalam (riwayat yang menjelaskan) tatacara pernikahan beliau – semoga Allah Yang Maha Luhur tetap melimpahkan salawat dan salam atas beliau dan keluarga beliau – dengan saayyidah Khodiijah – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoinya – dan juga tentang sebabnya. Sebagaimana berbeda pula tentang siapa (wali) yang menikahkannya: apakah ayahnya, ataukah pamannya? Bagaimanapun juga semua itu tidaklah mengapa. Adapun kesepakatan para ulama bahwasanya beliau – semoga Allah Yang Maha Luhur tetap melimpahkan salawat dan salam atas beliau dan keluarga beliau – betul-betul menikah dengan Khodiijah dan bahwasanya ia adalah ibu bagi putera-puteri beliau. Maka barangsiapa yang mengingkari hal itu maka iabukan termasuk orang muslim. Sebab hal itu termasuk perkara agama yang wajib secara pasti oleh kebanyakan kaum muslimin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar