Total Tayangan Halaman

Minggu, 16 Februari 2014

Manaqib / Biografi Al-Habib Abubakar bin Abdulloh Al-'Aydaruus Al-'Adniy semoga Allah meridhoi beliau dan memberi kita manfaat dengan berkat beliau dan guru-guru serta ayah-ayah beliau

Terjemahan dari halaman facebook Al-Habib Zen bin Ibroohiim Ibn Sumaith Madinah semoga Allah menjaga beliau dan memberi kesehatan serta keselamatan kepada beliau. Manaqib Al-Imam Al-Habib Abubakar bin Abdulloh Al-‘Aydaruus Al-‘Adniy Semoga Allah merahmati dan meridhoinya serta memberi kita manfaat dengan berkat beliau dan para wali serta orang-orang salih di dunia dan di akhirat. Amiin. Berkata Al-Habib Zen bin Sumaith: Saya persembahkan kepada anda sekalian sekelumit tentang Al-Imam yang besar, dan tokoh yang terkenal, Asy-Syekh yang alim lagi wali dan sampai pada Allah SWT, pemimpin pada zamannya As-Sayyid Abubakar Al-'Adniy bin Abdulloh Al-'Aydaruus, semoga Allah meninggikan derajat beliau di surga, aamiin. Nasab beliau: beliau adalah As-Sayyid Asy-Syarif Abubakar Al-'Adniy bin Abdillah Al-'Aydaruus bin Abibakar As-Sakroon bin Asy-Syekh 'Abdurrahman As-Segaf bin Asy-Syekh Muhammad Mawlad Dawiilah bin Asy-Syekh Al-'Afiif Ali bin Alwi Al-Ghoyuur bin Asy-Syekh Al-Faqiih Al-Muqoddam Muhammad bin Ali bin Asy-Syekh Muhammad Shoochib Mirbaath bin Asy-Syekh Ali khooli' Qosam bin Asy-Syekh Alwi bin Asy-Syekh Muhammad bin Asy-Syekh Alwi bin Asy-Syekh Ubaydillah bin Al-Imam Al-Muhaajir Ahmad bin Al-Imam Isa bin Al-Imam Muhammad bin Al-Imam Ali Al-'Uroydhiy bin Al-Imam Ja'far Ash-Shoodiq bin Al-Imam Muhammad Al-Baagir bin Al-Imam Ali Zaynal 'Aabidiin bin Al-Imam Al-Husain As-Sibth (cucu Rasululloh SAW) bin (putera) Al-Imam yang unggul Ali bin Abi Thoolib dan Sayyidah Faathimah Az-Zahroo' binti Rasulillah, semoga Allah melimpahkan sholawat dan salam atas beliau dan segenap keluarga serta para sahabat beliau [dan memberi kemanfaat kepad kita di dunia dan di akhirat dengan berkat kecintaan kepada beliau-beliau semua, amin] Ayah beliau: Ayah beliau adalah imam, pemimpin para ulama serta pemimpin para aulia Al-Quthb Al-Habib Abdulloh Al-'Aydaruus adalah pemimpin para alawiyyiin serta hujjah mereka dan pemimpin mereka pada zamannya. beliau di lahirkan di tarim tahun 811 H, menghafalkan Al-Qur'an yang agung, dan mengambil secara keseluruhan ilmu pada zaman itu dan yang tersebar di negeri beliau, dan ditambah lagi dengan ilmu tentang keadaan hati dan batin yang diakui oleh orang-orang khusus maupun umum. ayah beliau As-Sakroon menjuluki beliau dengan julukan Al-'Aydaruus. wafat ayah beliau sedangkan beliau masih berusia 10 tahun, maka yang merawat beliau adalah paman beliau yaitu Asy-Syekh Umar Al-Michdhoor, dan dinikahkan olehnya dengan puterinya sendiri yaitu Sayyidah 'A-isyah binti Umar Al-Michdhoor, kemudian beliau (Asy-Syekh Umar Al-Michdhoor) mengikatkannya dengan guru-guru besar pada masanya maka ia pun mengambil ilmu-ilmu dan mendalaminya. ayah beliau (As-Sakroon) sendiri telah membiasakan beliau (Al-Habib Abdulloh Al-'Aydaruus ayah dari Al-habib Al-'Adniy) untuk mendalami kitab-kitab ilmu dan menghafalkan Al-Qur'an, maka dalam suluk (tasawwuf) ia mempelajari kitab: Bidaayatul Hidaayah dan Minhaajul 'Aabidiin, sedangkan dalam fiqih mempelajari kitab Minhaajuth Thoolibiin karya Al-Imam An-Nawawiy dan Al-Khulaashoh karya Al-Ghozzaaliy, dan kitab 'Umdah karya Ibnun Nqiib, dannjuga beliau membaca Al-Ichyaa' (Ichyaa' 'Uluumiddiin) kepada ayahnya dan betul-betul mendalami makna-maknanya, kemudian beliau melazimi dengan jalan nadzar menelaah kitab ichyaa' tersebut setaip hari sepanjang hidup beliau. kita kembali kepada sejarah Al-Imam Al-Adniy: Kelahirannya dan pertumbuhan beliau: Al-Imam Al-'Adniy dilahirkan di awal abad ke 9 H tahun 851 H, ada yang mengatakan: tahun 852 M, yang bertepatan dengan tahun 1432 M kira-kira di kota Tariim Al-Ghonna`, salah satu kota di Hadramaut dan pusat keagamaannya yang paling penting sepanjang sejarah. Beliau tumbuh dalam pengawasan khusus dari ayah beliau, dan pengawasan yang terus menerus dari paman beliau Al-Imam Ali bin Abubakar As-Sakroon bin Asy-Syekh Abdurrahman Assegaf, begitu juga perhatian dan pengawasan dari Asy-Syekh Al-Wali Sa'd bin Ali Madzhij. Pada umur yang belia itu ayah beliau mengarahkan beliau untuk membaca dasar-dasar ilmu baik berupa ilmu bahasa (lughoh), hadits tafsir, fiqih, dan selainnya dari ilmu-ilmu yang beredar pada masa itu. Ayah beliau memberi dorongan kepada beliau untuk menelaah, mengulang pelajaraan, dan membahas ilmu, sehingga beliau cenderung untuk menelaah karya-karya yang ada di perpustakaan ayah beliau. meskipun kecenderungan beliau itu yang telah menjadi watak maka ayahnya tetap mengawasi arah beliau ketika di sela-sela penelaahannya. dalam masalah ini Al-Imam Al-'Adniy berkata tentang diri beliau: "Aku tidak ingat bahwasanya ayahku - semoga Allah memberinya rahmat - pernah memukulku dan tidak menghinaku sekalipun kecuali sekali ketika beliau melihat ditanganku ada satu juz dari kitab Al-Futuuchaatul Makkiyyah karya Muhammad ibn 'Arobiy, maka beliau sangat marah sekali dan meninggalkan / menjauhi diriku semenjak hari itu." para ahli ilmu telah menjawab tentang penyebab hal itu, yaitu: adalah Al-Imam Al-'Adniy ketika beliau memegang kitab Al-Futuuchaatul Makkiyyah beliau masih dalam usia kecil, maka ayah beliau ingin agar beliau tidak membaca kitab itu, karena di dalamnya terdapat hal-hal yang musykil dan masalah-masalah yang sulit yang mana tidak mengetahui ilmunya kecuali orang-orang yang luas ilmunya dan memiliki ma'rifah (pengenalan kpd Allah) dan keyakinan yang kuat, maka ayah beliau khawatir bahwa beliau salah paham dan tidak mengerti hakikat masalah-masalah tersebut. Beliau (Al-Imam Al-'Adniy) juga berkata: "Adalah ayahku melarang untuk menelaah kitab Al-futuuchaat dan Al-Fushuush keduanya karya Ibn 'Arobiy, dan manyuruh untuk chusnuzh zhon (berbaik sangka) padanya, dan beliau berkata: "Sesungguhnya kitab-kitabnya itu mencakup hakikat-hakikat yang tidak dapat dipahami kecuali oleh orang-orang yang telah mencapai puncak ma'rifah dan berbahaya bagi orang-orang pemula." Perjalanan beliau dan singgahnya beliau di 'Adn: Al-Habib Abubakar bin Abdulloh Al-'Aydaruus sejak beliau lahir di Hadramaut berkembang beranjak dewasa dalam suluuk (meniti jalan kepada Allah), ilmu, dan mencari faedah, dan menegakkan perhelatan dan majelis yang biasa di adakan oleh ayah beliau sepeninggal ayah beliau itu, dan itu berlangsung selama 38 tahun kira-kira. kemudian beliau banyak bepergian ke Syichr, Qoiduun, Syibaam, dan Dau'an, sebagaimana beliau juga bepergian ke dua tanah suci dua kali. dan ketika perjalanan beliau yang kedua kali ke dua tanah suci, di Hijaz, beliau singgah dan mengunjungi kota Zabiid, Baitul Faqiih,, Muroowa'ah dan lain-lain. dan ketika sampai di Zayla' sampailah kepda beliau kabar wafatnya ibunda beliau yang salihah As-Sayyidah 'Aa-isyah binti Al-Habib Umar Al-Michdhoor, dan ibundanya pernah memberi isyarat akan wafatnya dirinya sedangkan beliau ketika itu berada di Zayla' melalui mimpi. lalu penduduk 'Adn meminta agar beliau mengunjungi 'Adn, ketika beliau ada di Ta'iz sedang menghadiri ta'ziyah (bela sungkawa) atas wafatnya Asy-Syariif Siroojud Diin Umar bin Abdurrahman Shoochibul Chamroo', maka beliau pun berkehendak untuk mengunjungi 'Adn, lalu ketika beliau sampai di Chauthoh ibu kota Lachj maka para ulama dan tokoh-tokoh 'Adn keluar menyambut beliau dengan rombongan yang besar pada tanggal 13 Robii'uts Tsaanii pada tahun 889 H. untuk memperingati momen ini maka setiap tahun dilaksanakan peringatan masuknya beliau ke 'Adn, maka hati orang-orang pun dipenuhi dengan kecintaan kepada beliau dan Allah meletakkan kepada penduduk 'Adn kuatnya hubungan batin dengan beliau maka beliau beristikhooroh kepada Allah Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi, maka terlapangkanlah dada beliau untuk tinggal di sana. Sebagian sifat dan amal beliau: Adalah waktu beliau terbagi sejak halusnya kuku beliau (yakni sejak belia) antara ketaatan kepada Allah serta melayani ilmu dan mencarinya, dan menyeru / berdakwah kepada Allah, duduk bersama orang-orang baik, mengingat Allah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan, membaca Al-Qur'an, membaca wirid-wirid, dan melayani kedua orang tua beliau. beliau sangat menyenangi untuk menelaah kitab-kitab yang bermanfaat, menggunakan sebagian besar waktu beliau dalam memberi manfaat baik kepada orang-orang khusus ataupun umum dai orang-orang yang biasa bolak-balik menghadiri majlis beliau, beliau memperlakukan mereka semua dengan kelembutan dan mengarahakan mereka kepada kebaikan dengan cara yang baik. Beliau berkata: "Sesungguhnya aku apabila melihat orang beriman yang telah Allah beri tawfiq (pertolongan) untuk melaksanakan amal fardhu dan menjauhi dosa besar maka hatiku menjadi senang karenanya, sebab berarti dia telah bersama2 rombongan, hanya saja aku menyibukkan perasaanku dan memalingkan perhatianku serta mengerahkan upayaku untuk menyelamatkan orang yang terjerumus ke dalam kemaksiatan dan terjerat oleh tali temali setan. Beliau – semoga dirahmati oleh Allah – senantiasa sangat iba dan menaruh kasihan kepada orang-orang yang sedih hatinya, beliau menghibur mereka dan tidak membuat mereka takut, beliau membukakan pintu pengharapan kepada rahmat Allah, karena pengetahuannya yang dalam tentang betapa luasnya kasih saying / rahmat Allah. Dikatakan dalam kitab Mawaahibil Qudduus tentang banyaknya infaq yang mengalir melalui tangan beliau – semoga Allah merahmati beliau - : “Suatu kali disebut-sebutlah tentang Al-Imam Al-‘Adniy di hadapan Sultan yang adil Abdulloh Al-Katsiiriy, dan seolah-olah sebagian hadirin mencela / meremehkan Al-Imam Al-‘Adniy, maka Sultan menyergah mereka seraya berkata: “Aku bersaksi bahwa beliau adalah pemimpin orang-orang pada masanya, sebab pemimpin hakiki di dunia ini adalah orang-orang dermawan dan saya tidak pernah melihat orang yang lebih dermawan daripada beliau.” Maka menjadi besarlah dan kuatlah kedudukan Al-Imam Al-‘Adniy di ‘Aden dan tersebarlah kemasyhuran beliau di segala penjuru, dan Allah tampakkan melalui beliau keramat yang diluar batas nalar manusia dan tanda-tanda kekuasaan Allah yang mengagumkan, yang mana karenanya tertunduklah para pembangkang, ahli maksiat, dan orang-orang yang sombong. Lalu orang-orang yang menguasai perkara rakyat pun datang mengunjungi beliau dan meminta doa kepada beliau dan mengharapkan keridhoannya. Beliau – semoga Allah merahmati beliau – memiliki peran yang besar dalam mendamaikan antara pihak-pihak yang berselisih, serta perbuatan-perbuatan baik, dan melayani orang-orang yang terlantar serta orang-orang fakir di negeri itu. Dan termasuk perbuatan beliau yang paling agung adalah pendirian pondok pesantren dan masjid beliau yang terkenal di ‘And hingga sekarang. Dan beliau memberlakukan sedekah tahunan secara tetap di ‘And untuk para penuntut ilmu dan para pengunjung maqom / kediaman beliau, dan beliau membeli untuk maqom beliau tanah yang luas untuk menutupi belanja bagi keperluan maqom beliau serta perhelatan-perhelatan yang beliau adakan. Para ahli sejarah menulis / mengabadikan bahwa perhelatan kunjungan tahunan dilaksanakan selama masa hidup Al-Imam Al-‘Aydaruus di ‘And yang mana peringatan ini berulang terus menerus setiap tahun dan berlaku pada peringatan tersebut kebiasaan-kebiasaan yang baik yang membawa kemanfaatan bagi orang-orang yang membutuhkan dan para orang fakir. Di antaranya adalah kebiasaan beliau membawa pakaian yang banyak yang mana beliau membawa dalam rombongannya pakaian yang sangat banyak lalu beliau bagikan kepada orang-orang fakir. Diantara para syekh / guru beliau adalah: Ayah beliau sendiri Asy-Syekh Al-Habib Abdulloh Al-‘Aydaruus Asy-Syekh Al-Habib Ali bin Abubakar As-Sakroon (paman beliau) Asy-Syekh Al-Faqiih Al-Habib Ahmad bin Abubakar As-Sakroon Asy-Syekh Sa’d bin Ali Madzchij Asy-Syekh Al-Habib Muhammad bin Ali (‘Aydiid) Asy-Syekh Al-Habib Muhammad bin Abdurrahman Bilfaqiih Asy-Syekh Abdulloh bin Abdurrahman Balchaj Baafadhol Asy-Syekh Muhammad bin Ali Baajachdab Asy-Syekh Saalim bin Ghobriy Asy-Syekh Ahmad bin Muhammad bin ‘Utsmaan Al-‘Amuudiy Asy-Syekh Muhammad bin Ahmad Baafadhol Asy-Syekh Abdulloh bin Ahmad bin Ali Baamakhromah Asy-Syekh Ahmad bin Umar Al-Muzajjid Asy-Syekh Yahya bin Abubakar Al-‘Aamiriy Asy-Syekh Maqbuul bin Abubakr Az-Zayla’iy Asy-Syekh Maqbuul bin Musa Az-Zayla’iy Asy-Syekh Ahmad bin Ahmad Asy-Syarjiy Asy-Syekh Abul Qoosim Al-Makkiy Asy-Syekh Abdulloh bin Aqiil Ba’abbaad Asy-Syekh Abdul lathiif bin Ahmad Asy-Syarjiy Az-Zabiidiy Al-Chanafiy Asy-Syekh ‘Afiifud Diin Abdul Lathiif bin Musa Al-Masyro’iy Asy-Syekh Al-Faqiih Jamalud Diin Muhammad bin Ahmad Ad-Dahmaaniy Al-Qoyrowaaniy Asy-Syekh Abubakar yang terkenal dengan julukan Abu Charbah Asy-Syekh Musa bin Abdurrahman Shoochib Archab Murid-murid beliau: Meluas wilayah pengambilan ilmu dari Al-Imam Al-‘Adniy di seantero hadramaut, Hijaaz dan Zayla’ dan lain-lain dari segala negeri yang pernah beliau kunjungi, dan sangat banyaklah murid-murid beliau namun pemcatatan terhadap murid-murid beliau secara keseluruhan tidak mampu / tidak mungkin di lakukan pada zaman beliau itu, sebagaimana pula orang-orang yang menemani beliau, melayani beliau dan berkaitan dengan beliau. Dan sebagian buku-buku biografi yang ada di hadapan kita telah mengumpulkan beberapa murid-murid beliau dan para pengambil ilmu dari beliau, maka kami cuplikkan sebagian kecil sebagai contoh, di Antara mereka ialah: Asy-Syekh Al-Habib Abdurrahman bin ‘Ali bin Abubakar As-Sakroon (sepupu beliau) Asy-Syekh Al-Habib Umar bin ‘Abdulloh Al-‘Aydaruus Asy-Syekh Al-Habib Syekh bin ‘Abdulloh Al-‘Aydaruus Asy-Syekh Al-Habib Al-Husain bin ‘Abdulloh Al-‘Aydaruus (ketiganya adalah saudar-saudara beliau) Asy-Syekh Al-Habib ‘Abdulloh bin Syekh bin ‘Abdulloh Al-‘Aydaruus (keponakan beliau) Asy-Syekh Al-Habib Ahmad Al-Musaawaa bin Abubakar Al-‘Adniy (putera beliau) Asy-Syekh Muhammad bin Umar Bachroq Asy-Syekh Al-Habib Al-Husain bin As-Shiddiiq Al-Ahdal Asy-Syekh Muhammad bin Ahmad Baa Jarfiil Ad-Daw’aaniy Asy-Syekh Jaarulloh bin Fahd Asy-Syekh ‘Abdulloh bin ‘Abdulloh Baa Qusyair Asy-Syekh Syihaabud Diin Ahmad bin ‘Ali Al-Chalabiy Asy-Syekh Muhammad bin Abdulloh Al-‘Aydaruus Asy-Syekh ‘Abdul Lathiif bin ‘Abdur Rahmaan Baa Waziir Asy-Syekh Jawhar bin Abdulloh Al-Chabasyiy Asy-Syekh ‘Abdul ‘Aliim Al-Chawaa-ijiy Asy-Syekh ‘Abdulloh bin Ahmad Baa Katsiir Shohib Makkah Asy-Syekh Nu’maan bin Muhammad Al-Mahdiy Asy-Syekh Muhammad Ath-Thohthoowiy Al-Makkiy Al-Amiir Marjaan bin ‘Abdulloh Azh-Zhoofiriy Di Antara perkataan beliau: Beliau – semoga Allah meridhoi beliau – berkata: إياكم والاستدلال عليه – أي: على الحق جل وعلا- مع طاعته، وإياكم والتنفر عنه عند معصيته، وإياكم والإياس من رحمته في أي حال كان. Artinya: “Hati-hati kamu terhadap bermanja kepada Allah Yang Maha Benar, Yang Maha Agung lagi Maha Luhur karena ketaatanmu kepada-Nya (sehingga engkau tertipu karena merasa bahwa dirimu berada dalam suatu kedudukan di sisi-Nya), hati-hatilah engkau daripada lari meninggalkan-Nya ketika engkau bermaksiat kepada-Nya, dan hati-hatilah engkau dari pada putus asa dari rahmat-Nya dalam keadaan apapun. Beliau – semoga Allah meridhoinya – berkata: لا تستحقروا الطاعة وإن كانت يسيرة فإن فيها رضى اللّه، ولا تستحقروا المعصية وإن كانت صغيرة فإن فيها غضبَ اللّه وأبغض ما عليه. Artinya: “Janganlah engkau meremehkan ketaatan meskipun sedikit / kecil tetapi padanya terdapat keridhoan Allah, dan janganlah engkau meremehkan kemaksiatan meskipun kecil sebab padanya terdapat murka Allah dan bencilah apa-apa yang ada padanya.” Beliau – semoga Allah meridhoinya – berkata: حسن الظن دليل السعادة , ويرجى لصاحبه حسن الخاتمه Artinya: “Husnuzh zhon (baik sangka) adalah tanda kebahagian dan bagi pemiliknya diharapkan husnul khootimah (baik d penghabisannya).” Karya beliau: Di Antara karya-karya beliau adalah: Al-Juz-ul Lathiif fit Tachkiimisy Syariif dan beliau menyebutkan padanya guru-guru beliau yang mana beliau menimba ilmu dari mereka. Dan beliau memiliki beberapa karya dalam ilmu hakikat, dab jawaban-jawaban dari beberapa pertanyaan yang kesemuanya menunjukkan luasnya ilmu dan pengetahuan beliau. Dan beliau memiliki tiga kumpulan dzikir dan doa: Wasiith (pertengahan), Basiith (panjang) dan Wajiiz (ringkas) Dan beliau memiliki diwan yang agung yang bernama: Machajjatus Saalik wa Chujjatun Naasik, yang mana di situ beliau jelaskan tentang ilmu-ilmu Ketuhanan, pengetahuan-pengetahuan ghaib, dan kerinduan serta cita rasa (kecintaan kepada Allah dan Rasul), ruhiah, masalah sufi, dan beliau meletakkan padanya beberapa hikmah, nasihat, arahan, dan petunjuk. Di Antara sya’ir-sya’ir beliau: كل جرح علاجه ممكن ... ما خلا يا فتى جرح اللسان Setiap luka mengobatinya adalah mungkin * kecuali – wahai pemuda – luka karena lisan (perkataan). Beliau juga berkata: كل من ليس يمنع نفسه ... عن حضيض الهوى ذاق الهوان Semua yang tidak mencegah dirinya * dari rendahnya hawa nafsu maka ia akan merasakan kehinaan من تدنى دنت به همته ... لو يكن عالياً بالزبرقان Dan barang siapa yang menundukkan maka akan tunduk semangatnya * meskipun ia tinggi seperti bulan purnama واصحب اللطف في كل الأمور ... ما لطف كل شي إلا وزان Dan sertakanlah kelembutan dalam segala perkara * sebab tiada lah segala sesuatu yang lembut itu kecuali menjadi indah كل جرح علاجه ممكن ... ما خلا يا فتى جرح اللسان Segala luka penyembuhannya adalah mungkin * kecuali – wahai pemuda – luka karena lisan (perkataan) إنما يوقع المرء الغبي ... في جميع المصائب خصلتان Hanya saja yang menjerumuskan orang yang dungu * dalam segala musibah adalah dua perkara الطمع والتعدي للذي ... ليس يعنيه فاحذر يا فلان Yaitu tamak / rakus dan melampaui batas dalam hal-hal yang tidak penting baginya maka hati-hatilah wahai Fulan والزم الصبر في كل الأمور ... صاحب الصبر في العقبى معان Pegang teguhlah kesabaran dalam segala perkara * sebab orang yang bersabar dalam kesudahannya menang / ditolong لا تعادي زمانك يغلبك ... كن مساير يسايرك الزمان Janganlah engkau memusuhi zamanmu maka ia akan mengalahkanmu * jadilah seiring (seperti aliran air) maka zaman akan sejalan denganmu لا تعرج على وطن وكن ... أينما كان عزك هو المكان Dan janganlah engkau singgah di sebuah negeri dan jadilah * dimana pun engkau berada maka kemuliaanmu adalah tempatmu semula فالغنى الغنى كل الغنى ... التقى ما سوى التقوى ففان Adapun kekayaan yang benar-benar kekayaan * adalah ketaqwaan dan apapun selain taqwa akan musnah بالتقى يجتمع لك يا فتى ... في حياتك وفي الأخرى الأمان Dengan ketaqwaan maka akan berkumpul padamu – wahai pemuda - * dalam kehidupanmu dan di akhirat keamanan لا يقنطك ذنبك والتزم ... حسن ظنك بربك كل آن Janganlah dosamu mebuamu putus asa dan pegang teguhlah baik sangka * terhadap Tuhanmu setaip masa لا تمنى على اللّه المحال ... مطلبك منه للعصمة جنان Janganlah engkau berangan-angan kepada Allah akans esuatu yang mustahil * permintaanmu agar dirimu menjadi ma’shum (terpelihara dari dosa, seperti nabi) adalah sebuah kegilaan أنت ما كنت حياً في جهاد ... كن قوي اليقين ثبت الجنان Engkau - selama engkau hidup – berada dalam jihad / perjuangan * maka jadilah kuat keyakinan dan teguh hati وإذا ما يقينك صح به ... فهو يحفظك ما قد شاه كان Dan jika keyakinanmu benar terhadap-Nya * maka Dialah yang akan menjaga-Mu, dan segala apa yang dikehendaki-Nya pasti terjadi. وإذا كنت من أهل اليقين ... صح قدم التصوف لك وبان Jika engkau termasuk ahli yakin * maka sah lah jalan tasawwuf untukmu dan jelaslah يتضح سر أسرار الغيوب ... في القلوب والخبر عندك عيان Menjad jelaslah rahasi dari segala rahasia ghaib * dalam hatimu dan kabar berita di sisimu seperti kenyataan والكلام بعد ذا لا ينبغي ... قد حسن ها هنا قبض العنان Dan pembicaraan setelah ini tidak lah layak (untuk di beberakan) * maka sungguh baiklah di sini aku pegang tali kekang (penaku) والصلاة والسلام على النبي ... الأتمان ثم الأكملان Dan sholawat serta salam semoga tetapt terlimpah atas Nabi * dengan sholawat dan salam yang sempurna dan paripurna Wafatnya beliau: Al-Imam Abubakar bin Abdulloh Al-‘Aydaruus Al-‘Adniy menghabiskan hidupnya untuk melayani Tuhannya dan menegakkan lambang-lambang dakwah / seruan kepada Allah, dan menarik orang kepada kebaikan serta mengamalkannya. Senan tiasa beliau seperti itu sampai beliau ditimpa penyakit, lalu beliau pun bersabar atas apa yang menimpa beliau beberapa hari, kemuidan pemanggil dari Tuhannya memanggilnya (maka beliau pun memenuhi panggilan-Nya) pada malam Selasa 14 Syawwaal dan umur beliau ketika itu 63 tahun, pada tahun 914 H. Maka terkejutkah orang-orang khusus dan umum dengan kewafatan beliau, dan histerislah orang-orang fakir, serta bersedihlah para tokoh dan pemimpin, maka orang-orang pun berduyun-duyun menuju Masjid beliau yang diberkahi dan sebagian ke kediaman beliau yang mana di sana beliau di kafani, dan di bawalah jenazah beliau di atas pundak-pundak manusia ke Masjid beliau yang terkenal di sela-sela tangisan dan ratapan, dan lengkingan suara doa seperti pada hari-hari hajji, dan disholati jenazah beliau, kemudian beliau dimakamkan di tempat yang telah beliau tentukan bagi dirinya dan jenazahnya. Semoga Allah meliputi beliau dengan luasnya rahmat-Nya, dan mensemayamkan beliau di luasnya surga-Nya, serta memberi kita manfaat dengan ilmu, dan mengembalikan kepada kita rahasia-rahasia beliau dan keberkahan-keberkahan beliau, dan semoga Allah melimpahkan salam senantiasa atas beliau serta ayah-ayah beliau dengan salam yang paling utama. Lalu dilaksanakan lah pembacaan doa-doa (tahlil) menurut adat orang-orang Hadramaut selama tiga hari kemudian ditutup majelis tersebut, dan para punjangga dan orator pun menyampaikan pujia-pujian mereka terhadap Almarhum. Dan diantara yang menggubah syair pujian terhadap beliau adalah murid beliau Asy-Syekh Muhammad bin Ahmad Bachroq, yang mana ia berkata: كلُّ نفسٍ إلى الفناء تؤولُ .... ما لِحي إلى البقاء سبيلُ Setiap jiwa kepada kemusnahan lah ia akan kembali * tiada jalan bagi yang hidup untuk meraih kekekalan إن في الموت عبرةً هي تكفي ... كيف والـموت في سواه قليلُ Sesungguhnya dalam kematian itu terdapat pelajaran yang mencukupi * bagaimana? Sedangkan selain kematian adalah ekcil dibandingkan dengannya كم وكم في التراب صدرٌ مهابٌ ... وفتى باسلٌ ووجه جميلٌ Berapa dan berapa banyak di dalam tanah terbaring dada yang berwibawa * pemuda yang pemberani dan wajah yang indah. كيف يلتذ بالـمعيشة مرءٌ ... وإلى اللّهو بعد هذا يميلُ Bagaimana seorang dapat menikmati kehidupan ini * atau condong kepada kelalaian setelah ini (setelah mengingat kematian) يا لها غفلة تمادت فضلتْ ... عن سواء السبيل فيها عقولُ Aduh sungguh besar kelalaian yang telah menimpa kita berkepanjangan sehingga sesatlah * dari jalan yang lurus akal-akal kita لعبتْ بالعقول دنيا غَرورٌ ... لـم يفق عن خمارها الا القليلُ Akal-akal orang yang telah dipermainkan oleh dunia yang menipu * tiada sadar mereka dari khomr dunia yang memabukkan kecuali sedikit Sehingga ia berkata: رمقتْ عينُه العواقبَ فيها ... فشراها لـما اشتراها الجهولُ Pandangan mata beliau (Al-Imam Abubakar Al-‘Adni) memandang akan kesudahan segala sesuatu di dunia ini * maka beliau menjual dunia ini ketika orang-orang bodoh membelinya شاد جُوداً فساد مجداً فأضحى ... في ذرى العز حين ذل البخيلُ Beliau menguatkan kelemahan dengan kedermawaan maka beliau pun menjadi pemimpin dengan kemuliaan sehingga beliau * berada di puncak kemuliaan ketika orang bakhil menjadi hina فهو السيد الشريف الذي قد ... سلسلت فروعه والأصولُ Beliau adalah seorang sayyid yang mulia yang sungguh * telah tersambung keturunan / nasa beliau dengan datuk-datuknya وجدير بالـمجد والفخر غصن ... أصله دوحة نمتها البتولُ Maka pantaslah menyandang kemulian serta kebanggan bagi dahan * yang pokoknya adalah dari Fatimah Al-Batuul (puteri Rasululloh SAW) قل لـمن رام شأوه قصر ... دَرَكُ الفخر بالـمنى مستحيلُ Katakanlah epada orang yang menginginkan kemuliaan beliau mundurlah * sebab menjangkau kebanggan hanya dengan angan-angan adalah mustahil ولقبر ثوى به كيف أضحى ... ولبدر الكمال فيه أقولُ Dan kepada kubur yang mana beliau berdiam padanya bagaimana pun keadaannya * dan kepada bulan purnama yang sempurna yang ada padanya aku berkata: حُرمت حضرموت فخراً حوته ... عدن لـم تحزه تلك الطلولُ Hadramaut telah terhalang dari kebanggaan yang di cakup oleh * ‘Adn, yang mana kebanggan itu tidak di raih oleh puing-puing Hadramaut صار ذاك اسمها كما كان فيها ... ساكناً فدام فيها النـزولُ Maka jadilah ‘Adn itu namanya (عدن berarti menetap) sebagaimana adalah beliau padanya * menetap / tinggal maka langgenglah tinggalnya beliau di ‘Adn فبها العرب والجهات جميعاً ... عمها النور والبها والقبولُ Maka di sana semua orang-orang arab dan seluruh penjuru * diliputi oleh cahaya, keindahan dan penerimaan فابشروا أيها النـزول بعدن ... وسلام من ربكم لا يزولُ Maka bergembiralah wahai yang tinggal di ‘Adn * serta keselamtan dari Tuhan kalian senantiasa لا يخف من يحوم حول حماها ... كيف يخشى وقد حمتها الفحولُ Tidak akan takut orang yang berkeliling di wilayahnya * mala bagaimana ia takut sedangkan yang menjaganya adalah orang-orang besar كل من رامها بسوء وإن ظـ ... ـن نجاحاً فإنه المخذولُ Setiap yang menginginkan kepada ‘Adn dengan keburukan meskipun ia menyang * ka berhasil maka sesungguhnya ia adalah orang yang terhinakan نسأل اللّه أن يديم علينا ... نعماً لا يشوبها تحويلُ Kami mohon kepada Allah agar melanggengkan atas kami * nikmat-nikmat yang tidak dicampuri oleh perubahan ويقيم الولاة بالعدل فينا ... ولأهل الفساد عنا يزيلُ Dan menegakkan para pemimpinnya dengan keadilan di antara kami * dan semoga orang-orang yang merusak di hilangkan dari kami وصلاة مع السلام على من ... شق بالحجر صدره جبريلُ Dan semoga sholawat bersama salam atas (Nabi Muhammad SAW) makhluk yang * dibelah dadanya di Chijir Ismaa’iil oleh Jibril أحمد الحامد البشير النذير الـ ... ـفاتح الخاتـم النبي الرسولُ Yaitu Ahmad yang memuji (Allah) yang memberi kabar gembira (bagi yang taat) lagi memberi peringatan / ancaman (bagi yang durhaka) yang * membuka dan menutup para yaitu sang Nabi dan Rasul yang agung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar