Total Tayangan Halaman

Kamis, 14 Januari 2010

beberapa nasihat Al-Imam Muhammad Al-Bagir

Ini beberapa nasihat dari Al-Imam Muhammad Al-bagir bin Ali zaynal abidin bin Husin bin Ali bin Abithoilb - semoga Allah meridhoi mereka semua dana membri kita manfaat dg berkah mereka di dunia dan diakhirat, Amiin - suatu kali beliau menasehati anaknya: "Anakku, hati-hatilah kamu terhadap sifat malas dan bosan. sebab keduanya adalah pintu kejelekan. sebab jiika engkau malas maka engkau tak dapat menunaikan satu hak pun. dan jika engkau bosan maka engkau tak dapat sbaar atas satu hak pun."
beliau juga berkata: "jika engkau suka kekalnya nikmat (yg ada padamu) maka perbanyaklah memuji Allah dan bersyukur pada-Nya, jika engkau merasa bahwa rezqimu lambat maka perbanyaklah minta ampun kepada-Nya. jika engkau tertimpa suatu perkara yg membuatmu sedih maka perbanyaklah ucapan "laa chawal walaa quwwata illaa billaah" [tiada daya & upaya melainkan dengan (pertolongan) Allah]. jika engkau takut akan suatu kaum perbanyaklah ucapan "chasbunalloohu wani'mal wakiil" [cukuplah bagi kami Allah, dan Dialah sebaik-baik pemelihara]"
jika engkau senang / kagum pada sesuatu maka katakanlah "Masyaa Allah laa quwwata illa billaah [itulah yang dikehendaki oleh Allah, dan tiada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah] dan jika seseorang membuat makar ' tipu daya kepadamu maka ucapkanlah: "Wa ufawwidhu amrii ilallooh, innallooha bashiirun bil 'ibaad" [dan aku menyerahkan urusanku kpd Allah sesungguhnya Dia adalah Maha Melihat akan para hamba-Nya]. jika engkau ditimpa keluh kesah ucapkanlah: "Laa ilaaha illaa anta subchaanaka innii kuntu minazh-zhoolimiin" [tiada Tuhaan selain Engkau, Maha Suci Engkau sesungguhnya aku ini adalah termasuk orang-orang yang zalim / menganiaya diri sendiri]"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar