Total Tayangan Laman

Minggu, 05 Desember 2010

beberapa faedah amalan di bulan muharam dan doa yang dianjurkan dibaca 3 kali tanggal 1-10 muharram

Doa yang dibaca setiap hari 3 kali mulai tanggal 1 sampai 10 Muharram
Adapun doa dibawah ini dianjurkan oleh para ulama untuk dibaca 3 kali setiap hari mulai dari tanggal 1 Muharram hingga tanggal 10 Muharram. Inilah doanya:
بسم الله الرحمن الرحيم
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ. اَللَّهُمَّ إِنَّكَ قَدِيْمٌ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، وَسَنَةٌ جَدِيْدَةٌ قَدْ أَقْبَلَتْ نَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَنَسْتَكْفِيْكَ فَوَاتَهَا وَشُغْلَهَا، فَارْزُقْنَا الْعِصْمَةَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ سَلَّطْتَ عَلَيْنَا عَدُوًّا بَصِيْرًا بِعُيُوْبِنَا مُطَّلِعًا عَلَى عَوْرَاتِنَا، مِنْ بَيْنِ أَيْدِيْنَا وَمِنْ خَلْفِنَا، وَعَنْ أَيْمَانِنَا وَشَمَائِلِنَا، يَرَانَا هُوَ وَقَبِيْلُهُ مِنْ حَيْثُ لاَ نَرَاهُمْ، اَللَّهُمَّ آيِسْهُ مِنَّا كَمَا آيَسْتَهُ مِنْ رَحْمَتِكَ، وَقَنِّطْهُ مِنَّا كَمَا قَنَّطْتَهُ مِنْ عَفْوِكَ، وَبَاعِدْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُ كَمَا حُلْتَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ مَغْفِرَتِكَ، إِنَّكَ قَادِرٌ عَلَى ذَلِكَ، وَأَنْتَ تَفْعَلُ لِمَا تُرِيْدُ. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.
Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam. Ya Allah limpahkanlah salawat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabat beliau. Ya Allah sesungguhnya Kau adalah Maha Terdahulu, dan ini adalah tahun baru yang telah datang, kami mohon kepadaMu kebaikan tahun ini, dan kami berlindung kepadaMu dari kejelekannya, dan aku memohon agar Kau mencukupkan kami dari melalaikan waktu di tahun ini dan sibuk (dari mengingatMu) di tahun ini. maka rezqikanlah kami perlindungan dari setan yang terkutuk. Ya Allah sesungguhnya Kau telah menguasakan atas kami suatu musuh (setan) yang melihat aib kami, mengetahui aurat kami, baik dari hadapan kami dan belakang kami maupun dari sebelah kanan dan kiri kami. Dia dan bala tentaranya itu melihat kami dan sebaliknya kami tidak melihat mereka. Ya Allah buatlah dia putus asa terhadap kami sebagaimana Kau telah membuatnya putus asa dari rahmatMu. Dan halangilah antara kami dengan dia sebagaimana Kau menghalangi antara dia dengan ampunanMu, sebab sesungguhnya Kau Maha Mampu untuk berbuat hal itu dan Kau Maha Memperbuat apa yang Kau kehendaki. Dan semoga salawat dan salam tetap dilimpahkan oleh Allah Yang Maha Tinggi atas junjungan kita Nabi Muhammad dan atas seluruh keluarga dan para sahabat beliau.
Beberapa faedah:
- Disebutkan oleh As-Sayyid Asy-Syariif Maa-ul ‘Aynain bahwa barangsiapa menulis basmalah yakni: بسم الله الرحمن الرحيم di awal Muharram (tanggal 1 Muharram / tahun baru hijriah) 113 (seratus tiga belas) kali maka orang yang membawa tulisan itu tidak akan mendapat sesuatu yang dibenci baik pada dirinya maupun orang-orang yang bersamanya / keluarganya selama umur hidupnya.
- Barangsiapa yang menulis nama Allah الرَّحْمن (Ar-Rachmaan) 50 kali dan masuk menghadap kepada pemimpin atau pemerintah yang zalim, maka akan aman dari kejelekannya.
- Termasuk keistimewaan firman Allah Yang Maha Tinggi:
أَفَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَى أَنْ يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا بَيَاتًا وَهُمْ نَائِمُوْنَ أَوَ أَمِنَ أَهْلُ الْقُرَى أَنْ يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا ضُحًى وَهُمْ يَلْعَبُوْنَ أَفَأَمِنُوْا مَكْرَ اللهِ فَلاَ يَأْمَنُ مَكْرَ اللهِ إِلاَّ الْقَوْمُ الْخَاسِرُوْنَ (الأعراف: 97 – 99)
Artinya: “Maka apakah penduduk negeri-negeri itu merasa amandari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di malam hari di waktu mereka sedang tidur? Atau apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di waktu matahari sepenggalah naik ketika mereka sedang bermain? Maka apakah mereka meraasa aman dari Azab Allah (yang tidak terduga-duga)? Tiadalah yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” (Q.S Al-A’roof: 97 – 99)
bahwa ayat itu untuk mengusir serangga yang mengganggu dari suatu rumah. Jika ingin, maka tulislah pada awal hari dari Muharram di sebuah kertas maka lunturkanlah tulisannya dengan air lalu cipratkan air tersebut di pojok-pojok rumah. Maka sesungguhnya engkau akan aman dari semua itu dengan izin Allah Yang Maha Tinggi.
- di antara faedah yang penting adalah sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ibnu Sunniy dari Anas bahwa Rasululloh – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam atas beliau – jika beliau melihat hilaal (bulan sabit) beliau membaca:
اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ هِلاَلَ يُمْنٍ وَرُشْدٍ، آمَنْتُ بِالَّذِيْ خَلَقَكَ فَعَدَلَكَ، تَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ
Artinya: Ya Allah jadikanlah dia bulan sabit keberuntungan dan petunjuk, saya beriman dengan Dzat yang menciptakan-Mu dan menjadikanmu seimbang Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta.
Sedangkan dalam Musnad Ad-Daarimiy dan Sachiich Ibnu Chibbaan bahwa Nabi – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam atas beliau – ketika melihat hilal beliau mengucapkan:
اللهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ، وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَمِ، وَالتَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّهُ وَتَرْضَاهُ، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللهُ.
Artinya: Allah Maha Besar, Ya Allah tampakkan-lah hilal ini (kepada kami) dengan disertai keamanan dan keimanan, serta keselamatan dan penyerahan diri (kepada-Mu), serta pertolongan (dari Engkau) untuk melakukan segala yang Engkau cintai dan Engkau ridhoi, Tuhan kami dan Tuhanmu (wahai hilal) ialah Allah.
Adapun dalam Sunan Abi Dawuud diriwayatkan bahwa beliau mengucapkan:
(هِلاَلُ خَيْرٍ وَرُشْدٍ – مَرَّتَيْنِ – آمَنْتُ بِمَنْ خَلَقَكَ) ثَلاَثَ مَرَّاتٍ
Artinya: ([Semoga ini adalah] hilal kebaikan dan petunjuk – 2 kali – saya beriman kepada Dzat Yang menciptakanmu [wahai hilal]) beliau ulangi 3 kali.
Dan dianjurkan setelah itu membaca surat Tabaarok al-Mulk (surat ke-67, juz 29) sebab ada keterangan yang menjelaskannya dan karena surat itu (menurut Nabi) merupakan penyelamat dan penjaga (dari siksa kubur). As-Subkiy berkata: “Mungkin hal itu (yakni anjuran pembacaan surat Al-Mulk setiap awal bulan hijriyyah) karena surat (Al-Mulk) itu berisi 30 ayat sesuai dengan jumlah hari-hari dalam sebulan, dan karena ketenangan turun ketika membacanya, dan Rasululloh – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam atas beliau – membacanya ketika hendak tidur.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar