Total Tayangan Halaman

Minggu, 11 November 2012

sejarah Rasulullah berdasar riwayat-riwayat yang sahih 1


Nasab Beliau Yang Mulia – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau –
[1]. Diriwayatkan dari Al-Asy’ats bin Qois – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoinya – ia berkata: “Aku datang kepada Rasululloh – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – dalam suatu rombongan yang mana mereka tidak memandang bahwa aku adalah orang yang paling utama di antara mereka, maka aku berkata: “Ya Rasululloh, sesungguhnya kami menyangkan bahwa anda adalah termasuk golongan (suku atau kabilah) kami?” Beliau bersabda: @“Kami adalah keturunan An-Nadhr bin Kinaanah, kami tidak mencela menuduh ibu kami (dengan keburukan) dan kami tidak dinafikan (diputuskan) dari ayah kami.”# Perawi berkata: “Lalu (setelah kejadian itu) Al-Asy’ats berkata: “Tidaklah didatangkan kepadaku seseorang yang menafikan Quraisy dari An-Nadhr bin Kinanah kecuali aku mencambuknya sebagai hukuman.” (sebab ia telah menisbatkan seseorang ke bukan ayahnya atau memalsukan jati diri seseorang) Diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Maajah dalam bab Chuduud, Al-Buushiiriy berkata: “Sanad ini sahih dan para perawinya dapat dipercaya.” Adapun IBnu Katsiir berkata: “Sanad ini baik lagi kuat.” 
[2]. Dari Kulaib bin Wail – semoga Allah Yang Maha Luhur merahmatinya – berkata: “Anak tiri Nabi – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – Zainab putri Abi Salamah, berkata kepadaku saat aku menanyakan sesuatu kepadanya: “Apa pendapatmu tentang Nabi – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – saw, apakah baginda dari keturunan Mudhor?” Maka Zainab berkata: “Dari siapa beliau jika bukan dari Mudhor.” dalam riwayat lain: “Katakan padaku, dari keturunan siapakah Nabi – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau? Apakah dari Mudhor?” Zainab pun menjawab: “Maka dari mana lagi kalau bukan dari Mudhor? Baginda adalah anak keturunan dari An-Nadhor bin Kinanah.“ Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Manaqib (Sejarah) Quraisy. Mudhor – dengan men-dhommah-kan huruf miim-nya dan mem-fatchah-kan huruf dhood-nya – adalah salah satu kakek buyut Rasulullah – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau. 
 [3]. Diriwayatkan dari Watsilah bin Al-Asqo’ – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoinya – berkata: “Rasulullah – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – bersabda: @“Sesungguhnya Allah telah memilih Kinanah dari keturunan Isma’il, dan memilih Quraisy dari keturunan Kinanah, dan memilih Hasyim dari keturunan Quraisy, dan kemudian memilihku dari keturunan Hasyim.”#. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Muslim dalam kitab Fadhoil, dan At-Turmudziy dalam kitab Al-Manaaqib, dan Al-Bukhooriy dalam At-Taariikh Al-Kabiir, Al-Khothiib dalam kitab At-Taariikh, dan dinilai sebagai hadits hasan dan sahih oleh At-Turmudziy. 
[4]. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoinya – bahwa Rasulullah – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – bersabda: @“Aku diutus dari sebaik baiknya masa keturunan anak Adam, masa demi masa, hingga sampailah aku pada masa yang aku sudah ditakdirkan (untuk berada) di masa tersebut.“# Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Bukhari dalam Sifat Nabi – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – 
[5]. Diriwayatkan dari Al-Muththolib bin Abi Wada’ah – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoinya – berkata: “Al-Abbas – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoinya – mendatangi Rasulullah – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – dan seakan-akan dia mendengar sesuatu, maka Rasulullah berdiri diatas mimbar dan bersabda: @“Siapa aku?”#. Sahabat menjawab, “Engkau adalah Rasul (Utusan Allah) Salam untukmu.” Baginda berkata: @“Aku adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutholib. Sesungguhnya Allah menciptakan makhluk dan menjadikan aku makhluk paling baik (sempurna) diantara mereka, lalu Allah jadikan mereka menjadi dua kelompok lalu Dia menjadikanku di kelompok yang terbaik diantara mereka. Kemudian Allah jadikan mereka beberapa kabilah (suku) dan Allah golongkan aku didalam kabilah (suku atau golongan) yang terbaik, lalu Allah kelompokkan mereka dalam satu rumah (yakni keluarga), lalu Allah jadikan aku berada pada rumah yang paling baik, dan jiwa yang paling bagus di antara mereka.”# Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, At-Toyalisi dan At Tirmidzi dalam kitab “Al-Manaqib” juga dinilainya sebagai hadits hasan dan sahih, dan juga diriwayatkan dari Al-Abbaas dan yang lainnya yang diriwayatkan oleh Ahmad, dan At-Turmudziy. Al-Haytsamiy berkata: “Para perawinya adalah para perawi hadits sahih.” 
[6]. Diriwayatkan dari Imam Ali – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhainya – bahwa Nabi – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – bersabda: @“Aku dilahirkan dari pernikahan dan aku tidak dilahirkan dari zina (atau hubunga yang tidak syar’iy), dari sejak Nabi Adam sampai orangtuaku melahirkanku, aku sama sekali tidak tersentuh dari kejelekan (kekejian) masa Jahiliyah.”# Diriwayatkan oleh Al-‘Adaniy dalam musnadnya, hadits musalsal dari para perawi ahli bait (keluarga Rasul), namun ada pula hadits yang mursal. Diriwayatkan dari Abdur Razzaq dari Muhammad Al-Baaqir – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoinya – dalam firman Allah Yang Maha Luhur: “Telah datang kepada kalian satu utusan dari golongan kalian.” Beliau berkata (menafsirkan): “Rasulullah tidak pernah tersentuh kejelekan Jahiliyah sama sekali. Dan Rasululloh – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – pun bersabda: @“Sesungguhnya aku dilahirkan dari pernikahan dan aku tidak dilahirkan dari zina (hubungan yang keji atau yang tidak syar’iy).”# Al-Bayhaqiy juga meriwayatkan dalam Sunan-nya dan hadits ini memiliki saksi (penguat) dari riwayat Ibnu ‘Abbaas, ‘A-isyah, dan Abu Huroiroh, Ibnu Katsiir berkata tentangnya dalam kitab Al-Bidaayah: “Hadits ini adalah Mursal namun baik. An-Nuur mengetengahakannya dalam Al-Majma’ dengan riwayat Ath-Thobrooniy dalam kitan Al-Awsath-nya.” Dan maksud sabda Rasul yang berbunyi “Aku diutus” adalah roh (jiwa atau cahaya) Rasul berpindah-pindah dari rusuk kakek moyang beliau dan dari rahim ibu-ibu beliau yang mana mereka hidup dalam tingkatan yang baik di zamannya, tingkatan demi tingkatan, generasi demi generasi, hingga beliau – semoga salam tetap atas beliau – wujud di masa beliau yang mana disaat itu rumah (yakni keluarga) beliau adalah keluarga yang paling mulia dan paling suci. Al-Qorn (abad) adalah suatu generasi ketika mereka telah terputus. Sifaach adalah zina dan nikah yang tidak sesuai dengan syari’at. 
Dalam hadis-hadis diatas, ada beberapa faidah yang dapat kita simpulkan: 
Pertama, Ditetapkan nasab (garis keturunan) baginda sampai pada kakeknya yang bernama Adnan. Dialah Rasulullah keturunan Hasyim, Quraisy, Kinanah, Mudhor, Adnan, yang terpilih dari anak keturunan nabi Ismail bin Ibrohim, kepada keduanya solawat dan salam. Ini adalah nasab beliau dan nama-nama kakek-kakek beliau hingga ‘Adnaan: Al-Bukhooriy berkata dalam bab Pengutusan Nabi – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau –: “Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muththolib bin Haasyim bin Abdu Manaaf bin Qushoyy bin Kilaab bin Murroh bin Ka’b bin Lu-ayy bin Ghoolib bin Fihr bin Maalik bin An-Nadhr bin Kinaanah bin Khuzaymah bin Mudrikah bin Ilyaas bin Mudhor bin Nizaar bin Ma’add bin ‘Adnaan.” Maka ini adalah nasab yang mulia yang disepakati oleh ahli hadits dan ulamaa siroh dan selainnya, dan tidak sahih suatu keterangan pun setelah ‘Adnaan. Meskipun demikian para ulama sepakat bahwa ‘Adnaan adalah termasuk keturunan Ismaa’iil – semoga salam tetap atasnya – Ibnu Abdil Barr – semoga Allah Yang Maha Luhur merahmatinya – berkata dalam Al-Istii’aab: “Ini merupakan sesuatu yang tidak diperselisihkan oleh seorang pun.” Kemudian ia menjelaskan bahwa mengangkat ‘Adnaan kepada Ismaa’iil adalah kesepakatan ulama ahli sejarah dan ahli hadits. An-Nawawiy menukil pada awal kitab beliau Tahdziibul Asmaa’ tentang kesepakatan ummat atass hal itu. Ibnul Qoyyim – semoga Allah Yang Maha Luhur merahmatinya – berkata dalam Al-Hadyun Nabawiy: “Sampai di sini – yakni ‘Adnaan – telah dikethaui kesahihannya dan disepakati antara para ahli nasab dan tidak ada perselisihan sama sekali, dan yang di atas ‘Adnaan diperselisihkan.” Ia berkata: “Dan tidak ada perselisihan di antara mereka bahwa ‘Adnaan termasuk anak keturunan Ismaa’iil – semoga salam tetap atasnya – dan Adz-Dzahabiy – semoga Allah merahmatinya – berkata dalam kitab As-Siiroh An-Nabawiyyah: “Dan ‘Adnaan termasuk anak keturunan Ismaa’iil bin Ibroohiim – semoga salam tetap atas mereka berdua – dengan kesepakatan manusia, akan tetapi mereka berbeda pendapat tentang ayah-ayah beliau antara ‘Adnaan dan Ismaa’iil.” Lihatlah pula: Syarchus Sunnah karya Al-Baghowiy, Al-Fatch, dan Ath-Thobaqoot karya Ibnu Sa’d, dan yang lainnya. 
Kedua, Dalam hadis-hadis diatas diterangkan bahwa kakek-kakek buyut beliau adalah orang-orang yang paling mulia dan bermartabat di masanya, dan para pemimpin serta yang paling pilihan. Dan bahwasanya Allah memilih mereka di antara mereka, karena memandang apa yang (dibawa) berpindah-pindah antara mereka yaitu berupa nuur (cahaya) Nabi yang mulia ini dan jiwa (ruh) beliau. Ini termasuk sesuatu yang tak mungkin bisa diragukan lagi. Sebab beliau sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnul Qoyyim dalam Al-Hady: “Sebaik-baik penduduk bumi dari sisi nasabnya, maka kaum yang paling mulia adalah kaum beliau, dan keluarga yang paling mulia adalah keluarga beliau. Oleh karenanya, ketika orang-orang kafir mencela nasab beliau – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – dan menyerupakannya dengan sebuah pohon kurma yang tumbuh di tempat sampah dan tempat yang kotor, beliau langsung berdiri dan berpidato, menjelaskan keterpilihan nasab beliau di setiap masa, dan bahwasanya beliau adalah keturunan Adam yang termulia dari sisi kelompok, kabilah, keluarga dan nasabnya. Dan sungguh musuh beliau ketika itu Abu Sufyaan telah mengakui akan hal itu (yakni kemuliaan nasab Rasul) di depan Kaisar Heraklius, ia berkata: “Sesungguhnya ia adalah seorang yang memiliki nasab (yang terkenal atau baik) di antara kita.” 
Ketiga, Keyakinan yang kita yakini untuk mengadap Allah Yang Maha Luhur kelak tentang para kakek buyut Nabi – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – bahwa mereka semua adalah orang-orang muslim pengikut Nabi Ibrahim – semoga salam tetap atasnya – dan keterangan yang menjelaskan sebaliknya amak itu harus dita’wil (ditafsirkan sesuai dengan yang layak bagi beliau) sebagaimana telah dikatakan oleh kebanyakan para ahli ilmu. Ibnu Chabiib dalam Tariikh-nya meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbaas – semoga Allah Yang Maha Luhur meridhoi keduanya – ia berkata: “Telah wafat ‘Adnaan beserta ayahnya, dan anak-anaknya Ma’ad, Robii’ah, Mudhor, Qois, Tamiim, Asad, dan Dhobbah dalam Islam menurut ajaran Ibroohiim.” Az-Zubair bin Bakkaar meriwayatkan dari sisi lain dari Ibnu ‘Abbaas pula: “Janganlah kalian mencela Mudhor dan juga Robii’ah sebab mereka berdua adalah muslim.” Di nukil kedua riwayat itu oleh Al-Chaafizh dalam Al-Fatch. 
Keempat, Mengaburkan (mencacatkan) nasab Nabi – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – adalah merupakan kekufuran, bahkan orang yang melakukannya harus dibunuh dan dilaknat, sebab itu merupakan pengumpulan antara qodzaf (tuduhan palsu tanpa bukti) dan menyakiti Nabi – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – dan menuduh beliau dengan tuduhan palsu adalah suatu kekafiran secara kesepakatan, begitu pula menyakiti beliau – semoga salawat dan salam tetap atas beliau – Allah Yang Maha Luhur berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang menykiti Allah dan Rasul-Nya Allah akan mela’natnya di dunia dan di akhirat, dan Dia telah mempersiapkan bagi mereka azab yang menghinakan.” Dan lihatlah kitab Ash-Shoorimul Masluul karya Abul Abbaas Ibn Taymiyyah – semoga Allah merahmatinya – ini berbeda dengan selain beliau, sebab seorang yang mengeluarkan orang lain dari nasabnya dan mengkaburkan (mencacat)nya maka wajiblah ia dikenai hukuman qodzaf (yaitu berupa cambukan delapan puluh kali) jika ia tidak mendatangkan bukti yang benar yang menguatkan hal (tuduhannya) itu. maka hendaknya bertaqwa (takut) kepada Allah mereka-mereka yang membicarakan tentang nasab Nabi kita yang mulia dengan keburukan, an menyakiti beliau dengan mengkaburkannya (mencelanya) dalam sebagian ayah-ayah beliau dan kakek-kakek beliau. Sebab ibi adalah perkara yang berbahaya. 
Kelima, Sesungguhnya Allah telah membersihkan kakek-kakek beliau dari sifaach jahiliah, hanya saja mereka bertemu dengan nikah yang sahih, seperti nikah ajaran Islam. Dan ini termasuk hal yang disepakati oleh para ulama. Maka barangsiapa yang mengatakan sesuatu yang bertentangan dengan itu maka ia bukkan termasuk orang-orang muslim. 
Keenam, Mengetahui suatu nasab kadangkala menjadi wajib seperti mengetahui nasab Nabi – semoga Allah senantiasa melimpahkan salawat dan salam kepada beliau dan keluarga beliau dan sahabat beliau – bahwa beliau adalah keturunan Hasyim, Quraisy, Mudhor, Ibrohim, dan seperti mengenali orang yang sesaudara dengan dirinya, baik laki-laki dan perempuan agar dia tahu siapa saja yang tidak boleh dia nikahi, dan agar dia mengetahui siapa orang yang berhak mewarisi bersamanya dan lebih-lebih kagi untuk mengeetahui para kerabatnya agar ia dapat menyambung tali silaturahmi. Bersambung 
 [Perhatian: semua yang ada di bolg saya ini telah saya wakafkan untuk seluruh kaum muslimin. Silakan diperbanyak tulisan ini dan juga tulisan lain yang ada di blog ini dengan mencantumkan sumbernya dan tanpa tujuan komersil atau bisnis murni dakwah]

2 komentar:

  1. sama. secara ringkas Nasab beliau SAW: Sayyiduna Muhammad bin Abdillah bin Abdil Muththolib bin Hasyim bin Abdi Manaaf bin Qushoy bin Kilaab (Chakiim) bin Murroh bin Ka'b bin Lu-ayy bin Ghoolib bin Fihr (Quroisy) bin Maalik bin An-Nadhr bin Kinaanah bin Khuzaymah bin Mudrikan bin Ilyaas bin Mudhor bin Nizaar bin Ma'add bin 'Adnaan. (Adapun Adnaan telah sepakat bahwa para ulama ahli sejarah bahwa dia adalah keturunan Nabi Ismaa'il bin Ibroohim - semoga salam atas mereka -)
    محمد صلى الله عليه وسلم بن عبد الله بن عبد المطلب بن هاشم بن عبد مناف بن قصي بن كلاب (حكيم) بن مرة بن كعب بن لؤي بن غالب بن فهر بن مالك (قريش) بن نضر بن كنانة بن خزيمة بن مدركة بن إلياس بن مضر بن نزار بن معذ بن عدنان

    BalasHapus