Total Tayangan Halaman

Rabu, 11 Agustus 2010

Doa berbuka puasa (dari berbagai macam riwayat)

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلِّمْ، اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَ بِكَ آمَنْتُ، وَ عَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَ عَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَ رَحْمَتَكَ رَجَوْتُ، وَ إِلَيْكَ أَنَبْتُ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَ ابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ، وَ ثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ تَعَالَى.
Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Ya Allah limpahkanlah salawat (kesejahteraan) dan salam (keselamatan) atas junjungan kami Nabi Muhammad dan atas keluarga serta sahabat beliau. Ya Allah hanya karena-Mu aku berpuasa, dan hanya kepada-Mu aku beriman, dan atas rizqi-Mu aku berbuka, dan kepada-Mu aku berserah-diri, dan hanya rahmat-Mu yang aku harap, dan hanya kepada-Mu aku kembali. Telah hilang dahaga dan telah basah urat-urat, dan tetaplah pahala (puasa) – jika Allah Yang Maha Tinggi menghendaki.
يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اِغْفِرْ لِيْ. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَعَانَنِيْ فَصُمْتُ، وَ رَزَقَنِيْ فَأَفْطَرْتُ. اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِيْ وَسِعَتْ كَلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَلِيْ. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا يَاكَرِيْمُ.
Wahai Yang amat luas keutamaan-Nya ampunilah aku. Segala puji bagi Allah Yang telah menolongku sehingga aku mampu berkuasa, dan memberiku rizqi sehingga aku dapat berbuka. Ya Allah aku memohon kepada-Mu demi rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, ampunilahk aku. Maha Suci Engkau Ya Allah dan terpujilah Engkau. Ya Tuhan Kami terimalah dari kami sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan menyukai sikap pemaaf maka maafkanlah kami.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلِّمْ. اّللَّهُمَّ يَاعَظِيْمُ يَاعَظِيْمُ، أَنْتَ إِلهِيْ، لاَ إِلَهَ غَيْرُكَ، اِغْفِرِ الذَّنْبَ الْعَظِيْمَ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذَّنْبَ الْعَظِيْمَ إِلاَّ الْعَظِيْمُ.
Ya Allah limpahkanlah salawat (kesejahteraan) dan salam (keselamatan) atas junjungan kami Nabi Muhammad dan atas keluarga serta sahabat beliau. Ya Allah-ku, wahai Yang Maha Agung, wahai Yang Maha Agung, Engkaulah Tuhanku. Tiada Tuhan selain Engkau. Ampunilah dosa yang besar. Karena sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa yang besar kecuali Tuhan Yang Maha Besar / Agung.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَ ارْحَمْنَا، وَ ارْضَ عَنَّا وَ تَقَبَّلْ مِنَّا، و أَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ، وَ نَجِّنَا مِنَ النَّارِ، وَ أَصْلِحْ لَنَا شَأْنَنَا كُلَّهُ، وَ صَلَّى اللهُ وَ سَلَّمَ فِيْ كُلِّ حِيْنٍ أَبَدًا عَلَى سَيِّدِنَا مَحَمَّدٍ وَ آلِهِ، عَدَدَ نِعَمِ اللهِ وَ إِفْضَالِهِ.
 Ya Allah ampunilah kami, rahmatilah kami, ridhoilah kami, dan terimalah darikami (segala amalankami), masukkanlah kami ke dalam surga dan selamatkanlah kami dari api neraka, dan perbaikilah untuk kami segala urusan kami semuanya. Semoga salawat dan salam Allah tetap terlimpah – setiap waktu selamanya – atas junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga beliau, sebanyak nikmat-nikmat dan keutamaan Allah.

Doa Al-Kunuuz
(harta yang terpendam)
عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: إِذَا كَنَزَ النَّاسُ الذّهَبَ وَ الْفِضَّةَ فَاكْنُزُوْا أَنْتُمْ هَؤُلآءِ الْكَلِمَاتِ:
Dari Syaddad bin Aus – semoga Allah meridhoinya – ia berkata: “Aku telah mendengar Rasululloh – semoga salawat dan salam tetap terlimpah atas beliau dan keluarga beliau – bersabda: “Ketika manusia (sibuk) menimbun / memendam emas dan perak maka timbunlah oleh kalian, kalimat-kalimat ini:
اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ الثَّبَاتَ فِيْ الأَمْرِ، وَ الْعَزِيْمَةَ علَى الرُّشْدِ، وَ أَسْأَلُكَ شُكْرَ نِعْمَتِكَ، وَ حُسْنَ عِبَادَتِكَ، وَ أَسْأَلُكَ قَلْبًا سَلِيْمًا، وَ أَسْأَلُكَ لِسَانًا صَادِقًا، وَ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا تَعْلَمُ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَعْلَمُ، وَ أَسْتَغْفِرُكَ لِمَا تَعْلَمُ، إِنَّكَ أَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ.
Artinya: “Ya Allah aku memohon kepada-Mu ketetapan dalam perkara (musibah), dan keteguhan dalam kebenaran. Dan aku memohon kepada-Mu rasa syukur atas nikmat-Mu dan kebaikan dalam beribadah kepada-Mu. Aku mohon kepada-Mu hati yang selamat / bersih dan aku mohon kepada-Mu lisan yang jujur. Aku mohon kepada-Mu kebaikan yang Engkau ketahui dan aku berlindung dengan-Mu dari kejelekan yang Engkau ketahui, dan aku mohon ampun dari apa yang Engkau ketahui. Sesungguhnya engkau Maha Mengetahui akan segala yang ghaib”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar